Beranda Ekonomi Bisnis Sudah 7 Bulan, Perusahaan Mainan Ternama EMCO Rumahkan Karyawan Tanpa Gaji

Sudah 7 Bulan, Perusahaan Mainan Ternama EMCO Rumahkan Karyawan Tanpa Gaji

558
0

BnRnews.id – Pandemi covid 19 diakui memang sangat berdampak di semua sektor, terutama di bidang tenaga kerja. Banyak sudah tenaga kerja yang dirumahkan dan diberhentikan.

Sebagian perusahaan memberikan konpensasi dari 30% hingga 50% kepada karyawan saat dirumahkan, namunTak sedikit pula perusahaan yang merumahkan karyawan tanpa memberikan konpensasi/gaji selama pandemi ini.

Seperti halnya Trio Seprianto (37) yang sudah 7 tahun bekerja sebagai desain grafis di perusahaan mainan ternama yang memproduksi mainan jenis mobil dan boneka, Trio dirumahkan dengan tawaran cuti selama 7 bulan tanpa gaji atau mengundurkan diri dengan diberikan gaji selama 3 bulan.

Trio ternyata tidak sendirian, dia bersama belasan karyawan lainnya mengalami hal yang sama. Namun, kini hanya Trio sendirian yang menolak keputusan sepihak dari perusahaan.

Menurut Trio, Bukan tanpa alasan dirinya menolak keputusan tersebut, dia mengacu pada keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker). Menurutnya, Menaker Ida Fauziyah sempat menerbitkan Surat Edaran (SE) Menaker Nomor M/3/HK.04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19.

Trio mengungkapkan, “Salah satu poinnya mengatur bahwa bagi perusahaan yang melakukan pembatasan kegiatan usaha akibat kebijakan pemerintah di daerah masing-masing guna pencegahan dan penanggulangan COVID-19 sehingga menyebabkan sebagian atau seluruh pekerja/buruhnya tidak masuk kerja, dengan mempertimbangkan kelangsungan usaha maka perubahan besaran dan cara pembayaran upah pekerja/buruh dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja/buruh” ungkapnya.

“Sekali lagi saya garis bawahi, harus dengan kesepakatan bersama antara perusahaan dan karyawan, bukan dengan keputusan sepihak,” tambah Trio lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here