Beranda Peristiwa Tokoh Tionghoa Anton Medan Meninggal Dunia

Tokoh Tionghoa Anton Medan Meninggal Dunia

261
0

BnRnews.id-Anton Medan dikabarkan meninggal dunia, ulama yang bernama Ramdhan Effendi atau yang biasa disebut Anton Medan dikabarkan meninggal dunia pada hari ini.

Kabar meninggalnya Anton Medan meramaikan jagat maya, ungkapan bela sungkawa beredar luas di status media sosial hari ini senin (15/3/21).

Ulama Tionghoa ini banyak memiliki pengalaman kelam di masa lalunya, sebelum masuk Islam, Anton dibesarkan di tengah-tengah politik gelap Indonesia. Itu selama pemerintahan Orde Baru Suharto ketika preman digunakan dalam politik, bisnis dan instansi pemerintah.

Pada tahun 1998, Anton Medan dijadikan kambing hitam untuk orkestrasi Kerusuhan Jakarta setelah tuduhan itu diam-diam dicabut.

Kerusuhan yang awalnya merupakan demonstrasi mahasiswa untuk memprotes presiden Indonesia Soeharto berubah menjadi demonstrasi anti-Tionghoa di ibu kota Jakarta.

Anton Medan keturunan Tionghoa, tapi dia turun ke jalan dan ikut kerusuhan untuk membuktikan bahwa dia setia kepada rakyat tapi dia sendiri yang jadi sasaran. Dalam kekacauan politik tahun 1998, dilaporkan pula bahwa Prabowo Subianto, menantu Suharto dan Panglima Kopassus, telah merekrut dan memanipulasi Anton Medan untuk mendapatkan pendukung militan.

Dalam penyidikan kasus kerusuhan 1998, Anton Medan membantah tuduhan terlibat aktif di balik layar, meski mengaku berada di tengah-tengah massa. Namun, dia menolak untuk bersaksi kecuali Komisi Nasional Hak Asasi Manusia merehabilitasi namanya terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here